Juni 17, 2021 Belajar Biola Yuk! Caranya Gampang Loh!

Belajar Biola Yuk! Caranya Gampang Loh!

Biola merupakan salah satu instrument yang menyenangkan dan indah untuk dimainkan. Mempelajari biola membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi mahir, namun dengan kesabaran, disiplin, dan semangat yang besar. Untuk kalian yang pertama kali memainkan instrument ini, kalian perlu membeli biola terlebih dahulu. Tak perlu yang mahal. Namun, semakin mahal akan semakin bagus kualitasnya.

Setelah itu, kalian bisa mempelajari cara bermainnya. Yuk simak di bawah.

1.Teknik Dasar

Teknik Dasar

Kencangkan busur kalian. Setelah kalian menyiapkan penyangga teks musik dan lembaran musik, bukalah kotak biola dan ambil busur kalian.

Rambut busur seharusnya dalam keadaan kendur. Kencangkan rambut busur dengan memutar ujung sekrup searah jarum jam sampai jarak antara tongkat dengan rambut cukup lebar untuk dilewati sebuah pensil dengan mudah dari ujung ke ujung.

Jangan menggunakan jari kelingking kalian untuk mengukur karena minyak dari kulit Anda akan pindah ke rambut, yang tidak boleh terkena minyak agar mendapatkan suara yang terbaik saat digesekkan ke senar.

Gosokkan busur kalian dengan damar. Damar dibagi menjadi dua jenis, gelap dan terang; keduanya baik untuk digunakan, dan sama-sama tidak mahal.

Biasanya berbentuk persegi panjang yang keras dan tembus panjang, dikemas dengan kertas atau karton yang terbuka di kedua sisinya.

Pegang getah pada bagian bungkusannya dan dengan perlahan tapi kuat gosoklah rambut busur dari atas ke bawah sebanyak tiga atau empat kali. Tujuannya adalah untuk memindahkan sedikit “debu” getah ke rambut, agar membuatnya lebih lengket.

Terlalu banyak getah akan menyebabkan busur menggesek senar terlalu baik, menghasilkan suara yang kasar. Jika kalian menggosok busur kalian terlalu banyak, tidak apa-apa, mainkan selama beberapa jam untuk mengembalikannya ke kondisi normal.

Jika busur kalian baru diganti dengan rambut yang baru, maka rambut busur itu perlu digosok dengan damar lebih banyak dari yang biasanya.

Setelah tiga atau empat kali gosokan damar, cobalah gesekkan rambut busur itu ke senar biola untuk melihat apakah busur itu sudah membuat suara yang jelas. Jika belum, gosokkan kembali dengan damar.

Atur nada biola kalian. Kesampingkan busur kalian sejenak dan keluarkan biola dari kotaknya. Senarnya, secara berurutan nada terendah ke tertinggi, harus disetel menjadi G, D, A, dan E.

Kalian biasanya dapat membeli alat penyetem elektrik yang berkisar antara harga Rp 180.000,00 – Rp 240.000,00, tergantung pada kualitas dan merek.

Penyetelan utama dilakukan dengan memutar pasak penyetel yang terdapat di bagian kepala biola, namun jika nadanya sedikit kurang tepat, gunakan pemutar – pemutar kecil yang terbuat dari logam yang ada di dekat ekor biola, yang disebut penyetel halus,untuk menyetel nada dengan lebih tepat.

Setelah kalian puas dengan nadanya, taruh kembali biola kalian ke dalam kotak biola yang sedang terbuka tersebut untuk sementara.

Cobalah menyetel nada yang benar dengan menggunakan peluit nada, atau kalian boleh mencari berkas suara dari nada tersebut di internet. Tidak semua biola sudah disetel dengan nada yang tepat, namun kalian dapat menyetel nadanya di toko.

2.Memegang Biola

Memegang Biola

Genggamlah busur penggesek kalian. Mulailah dengan perlahan meletakkan bagian tengah jari telunjuk kalian pada pegangan (bagian yang agak empuk di tongkat penggesek, biasanya beberapa sentimeter di atas sekrup pengencang).

Letakkan ujung jari kelingking kalian pada bagian yang datar di dekat ujung tongkat penggesek, tahan jari kalian agak melengkung.

Bagian tengah dari jari tengah dan jari manis harus dalam keadaan lemas dan sejajar dengan ujung jari kelingking kalian, serta ujung jari tengah dan jari manis Anda berada di samping frog (bagian yang berwarna hitam yang menghubungkan sekrup pengencang dengan rambut busur).

Ibu jari kalian harus dalam keadaan lemas di bawah tongkat, di depan frog, dekat atau di atas rambut busur. Tangan kalian harus rileks dan tidak tegang, dan agak melengkung seolah-olah sedang memegang bola kecil seperti saat berkunjung ke situs IDN Poker online terbaru.

Jangan biarkan telapak tangan kalian dekat atau bersandar pada busur penggesek. Ini akan mengurangi kontrol kalian saat menggerakkan busur, yang mana akan semakin penting seiring bertambahnya kemampuan kalian.

Pegang biola kalian. Berdirilah atau duduklah dengan punggung yang tegak lurus. Ambil biola kalian dengan memegang lehernya menggunakan tangan kiri kalian dan tempatkan ekor biola pada leher kalian. Tempatkan bagian bawah biola di tulang selangka kalian dan tahan dengan rahang.

Rahang kalian, sedikit di bawah daun telinga (bukan dagu), seharusnya ditempatkan di atas penyangga dagu. Ini membantu mencegah biola Anda meluncur turun dari bahu kalian. Inilah juga sebabnya pemain-pemain biola selalu terlihat melihat ke bawah atau ke kanan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan jika kalian ingin belajar biola. Dalam mempelajarinya kalian harus senang dan tidak tertekan agar dapat lebih mudah mengingat dan mendalami apa yang sudah dipelajari. Jika kalian sudah mulai lelah kalian dapat bermain permainan yang kalian suka misalnya mimin yang suka bola akan bermain taruhan bola SBOBET88 di agen terbaik dan terpercaya di HP mimin. Jadi pastikan kamu belajar dengan hati yang senang yah.